Tujuan, Ciri, Metode, dan Kurikulum Anarkisme Pendidikan

Penganut anarkisme pada umumnya menerima sistem penyelidikan eksperimental yang terbuka (pembuktian pengetahuan melalui penalaran ilmiah) sama halnya dengan pendidik liberal dan liberasionis, atau menerima prakiraan-prakiraan yang dianggap selaras dengan sistem pendidikan semacam itu.

Paul Goodman

Perbedaannya terletak pada anggapan pendidik anarkisme yang menganggap bahwa kita harus menekankan perlunya meminimalkan dan atau menghapuskan pembatasan-pembatasan kelembagaan terhadap perilaku personal, bahwa kita mesti, sejauh mungkin yang bisa kita lakukan mendeinstitusinalisasikan masyarakat, membuat masyarakat bebas-lembaga.

Bagi mereka, pendekatan terbaik terhadap pendidikan adalah pendekatan yang mengupayakan untuk mempercepat perombakan humanistik berskala besar yang mendesak dalam masyarakat, dengan cara menghapuskan sistem persekolahan. Pemikiran-pemikiran semacam ini terpancar dalam pemikiran-pemikiran Ivan Illich dan Paul Goodman.

Ivan Illich

Sudut pandang anarkisme pendidikan meliputi berbagai posisi yang merentang dari anarkisme taktis, yang ingin melebur sekolah-sekolah sebagai cara untuk membebaskan kekayaan dan sumberdaya (yang terpakai di sana) untuk keperluan-keperluan sosial yang mendesak, hingga ke anarkisme utopis, yang memimpikan terciptanya masyarakat yang secara permanen terbebaskan dari segala pembatasan kelembagaan.

Berikut ini adalah daftar isi dari makalah Anarkisme Pendidikan.

  • Tujuan Pendidikan Secara Keseluruhan
  • Tujuan-tujuan Sekolah
  • Ciri-ciri umum Anarkisme Pendidikan
  • Anak sebagai Pembelajar
  • Administrasi dan Pengendalian
  • Sifat-sifat Hakikat Kurikulum
  • Metode-metode Pengajaran dan Penilaian Hasil belajar
  • Kendali di Ruang Kelas

Anda bisa membuka makalah Anarkisme Pendidikan oleh Mr. Amin ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang isi dari masing-masing poin dari daftar isi di atas.

Anda harus Login untuk melihat konten atau link downloadnya. Anda harus Register terlebih dahulu untuk mendapatkan username dan password loginnya. Gratis!