Pengertian Observasi Sebagai Salah Satu Alat Empirisme

Observasi adalah sebuah alat yang diyakini oleh empirisme sebagai alat memperoleh pengetahuan, pendidikan, atau self-learning. Menurut reference.com observasi adalah an act or instance of viewing or noting a fact or occurrence for some scientific or other special purpose. Artinya, sebuah tindakan atau bentuk perhatian terhadap fakta atau kejadian dengan tujuan ilmiah atau tujuan khusus lainnya.

Observasi juga merupakan aktivitas yang dilakukan oleh semua makhluk hidup terutama manusia, tetapi tentu cara dan tingkat observasi manusia lebih tinggi dari binatang.

Pengertian Observasi

Pengertian observasi yaitu perolehan pengetahuan yang terdapat di dunia ini melalui penggunaan panca indera atau dengan bantuan alat. Observasi itu sendiri sebenarnya bukan pengertian yang terlalu ilmiah karena berasal dari kata observe saja makanya jadi terlihat ilmiah. Kata yang sepadan dalam bahasa Indonesia mungkin adalah memperhatikan dan meneliti.

Contoh Observasi

Ketika kita melihat gadis cantik berjalan sesungguhnya dia melakukan observasi namun secara tidak sadar. Informasi atau pengetahuan yang kita peroleh ketika melihat gadis tersebut adalah gadis itu memakai rok mini, lipstik merah jambu, eye-shadow coklat, soft lens berwarna hijau, rambut di-highlight warna ungu gelap, dan memakai high heels hitam. Kita tidak sadar, tetapi ketika kita mencoba mencatatnya di atas kertas tentang penampilan tersebut itulah observasi kita.