Pengertian Filsafat Pendidikan

Filsafat pendidikan merupakan salah satu filsafat terapan yang berperan sebagai dasar dari visi pendidikan. Dasar dari sebuah pendidikan nantinya akan menentukan tindakan, tujuan, dan makna pendidikan itu sendiri.

Sebagai salah satu bidang akademik, filsafat pendidikan mempelajari berbagai permasalahan pendidikan dan metode yang mendasari pendidikan tersebut. Filsafat pendidikan juga dapat dibagi menjadi dua pembahasan masalah, yaitu mempelajari proses pendidikan secara filosofis dan mempelajari berbagai disiplin ilmu secara filosofis yang membahas tentang konsep, tujuan, dan dasar dari berbagai disiplin ilmu yang tersedia. Pertanyaan terkait dalam hal ini contohnya untuk apa belajar matematika? Apa tujuan fisika? dan sebagainya.

Filsafat pendidikan berusaha menjawab persoalan seputar pendidikan seperti, kebijakan pendidikan, kurikulum pendidikan, proses pembelajaran, nilai, norma, praktek pendidikan, dan korelasi antara teori dan praktek. Semua itu dapat dijawab dengan pendekatan spekulatif, preskriptif, dan analitis. Lihatlah persoalan yang telah dijabarkan sebelumnya, ini dapat menyimpulkan bahwa filsafat pendidikan itu merupakan gabungan tema besar filsafat yaitu metafisika, epistemologi, dan aksiologi.