Pengertian Empiris

Pengertian empiris adalah segala informasi yang diperoleh melalui eksperimen, penelitian, atau observasi. Sedangkan data empiris merupakan data yang ditemukan atau disimpulkan dari sebuah eksperimen atau penelitian.

Seperti yang kita ketahui bahwa ilmu dan penelitian pada zaman modern sekarang ini memiliki kiblat empiris. Segala penemuan atau bukti harus berdasarkan penelitian atau eksperimen secara inderawi. Perbedaan dengan penggunaan dalam bidang filsafat yang biasanya disebut empirisme/empirisisme mangacu pada hipotesis yang dapat diteliti dan dibuktikan kebenarannya melalui observasi atau eksperimen.

  • Contoh hipotesis yang benar: burung bisa terbang karena memiliki sayap. Pada kalimat tersebut bisa diteliti apakah burung terbang karena ada sayapnya atau apanya.
  • Contoh hipotesis yang salah: hari ini hujan atau tidak sama sekali. Pada kalimat tersebut tidak bisa dijawab karena hujan atau tidak hujan adalah jawabannya. Seharusnya yang benar adalah hari ini akan hujan.

Sebenarnya perbedaan penggunaan kata empiris tersebut tidaklah besar dan harus ditarik intinya bahwa penekanan empiris adalah pada eksperimen dan observasi secara inderawi. Itu saja.